Mie Goreng Belacan

16640903_1398856036801096_852761277883551107_n

Mie Goreng Belacan simple 🍝🍝🍝🍝🍝🍝

Bahan :

250 gr Mie Telor siap pakai
Telur Orak Arik
1 buah Wortel, iris sesuai selera
3 buah sosis, iris sesuai selera
Kubis secukup nya
Seledri, cincang kasar
1 sdm kecap asin
3 sdm kecap manis (sesuai selera)
Minyak wijen secukupnya

Bumbu Halus :
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
6 buah cabe rawit
1 buah kemiri
1 sdm ebi
2 sdt terasi bakar
.
.
.
Cara :
– Halus kan semua bahan bumbu halus hingga halus merata (termasuk ebi).
– Tumis dengan minyak wijen hingga harum
– Masukkan wortel, tumus hingga wortel empuk
– Masukkan Mie, telur, sosis dan kubis.
– Tambahkan kecap asin dan kecap manis, aduk merata.
– Tambahkan gula, garam, dan merica. Test rasanya.
– Masukkan seledri cincang, tumis sebentar.
– Sajikan.

dsc04140

Iklan

Martabak Madura (Martabak Bihun)

martabak aidistyleshop

Martabak Madura (martabak bihun) 🙂

Di tempat tinggal ku, di surabaya sini..katanya gorengan ini tuh nyebutnya Martabak Madura 😀 Tapi sekarang jarang nemuin orang yang jual ini :-/

Entah karna ini kuliner dari pulau Madura atau karna mayoritas penjualnya di sini adalah penduduk asli dari Madura 🙂
Yang jelas, gorengan yang satu ini bener bener enak, cocok dengan selera orang orang disini. Ini dalem nya cuma Bihun biasa, tapi biasanya ada yang diberi Gajih.
Semacam lemak ayam gitu ya ? Apa ya bahasa indonesia nya Gajih ? :v

Ada juga yang penyajian nya pakai semacam Telur. Jadi martabak ini digoreng barengan sama telur, tapi telurnya kuniiing banget. Kayak bukan telur 😀

Kalau makan ini mesti siap Petis sama cabai rawit yang hijau, mantaapp pastinya :v

Ccok juga untuk yang mau jualan kecil-kecilan. Soalnya gorengan ini biasanya dijual 500 rupiah, kecil memang..
Tapi slalu laris manis..biasa dijual di sekolah, di perkampungan, atau di masjid tempat anak anak ngaji 🙂

Martabak Bihun

Bahan Kulit :
– 200 gram tepung terigu (pakai tepung aja aja bisa)
– 100 ml air
– 1/2 sdt garam

Bahan Isian :
– 2 papan Bihun kering (ini bisa sesuai selera aja, udah biasa masak udah bisa kira kira dong ya 🙂 )
– 5 siung bawang putih
– 3 siung bawang merah
– 1/2 sdm kecap asin
– 1/2 sdm saus tiram
– Garam dan Gula secukupnya

Cara membuat Kulit :
– Uleni semua bahan hingga kalis (Kalis = tidak lengket ditangan)
– Bagi menjadi beberapa bagian (sekitar 10-15 bulatan adonan, atau seberat 15 gram)
– Lalu rendam di dalam minyak goreng yang bersih. (supaya elastis nantinya, ga perlu di rendam berjam jam tetap bisa kok)

Sementara adonan di rendam, kita buat isian nya terlebih dahulu 🙂

cara membuat isian :
– rendam bihun kering di dalam air panas hingga bihun nya tidak kering (lentur)
– Blender semua bawang dan kecap asin + sasu tiram
– Bumbu yang sudah halus tadi silahkan ditumis sebentar dengan sedikit minyak
– Lalu masukkan Bihun nya, tambahkan gula dan garam. Cicipi rasanya 🙂
– setelah matang, sisihkan

Cara penyajian :

– Siapkan plastik es batu (lebarkan, dengan di gunting sisi kanan dan sisi bawah plastik tersebut)
– siapkan piring bulat yang datar. Olesi dengan sedikit minyak, ratakan
– ambil 1 adonan, peras sedikit adonan nya supaya tidak terlalu berminyak.
– Lalu tutup dengan plastik, dan pipihkan hingga tipis (seperti membuat Pastel). Setelah pipih ambil plastiknya, sisihkan.
– Letakkan bihun di tengah tengah, lalu lipat menjadi segitiga (seperti risoles segitiga)
– Goreng dengan api sedang
– Sajikan ^^

Jangan lupa petis dan cabe rawit nya 🙂

martabak aidistyleshop

Selamat mencoba, goodluck 🙂

Mie Telor Homemade (Spaghetti – Fetuccini Super KW)

aidi's

Selamat malam ^_^
Sore tadi aku bikin Mie Telor Homemade.. Entah udah ke berapa kalinya. Abisnya suka banget sama Mie ^^ Dan karna seseorang juga, makanya disuruh bikin mie yang tanpa pengawet atau aneka ‘obat obatan’. Oke lah, ku terima. Sore tadi ku bikin lagi Mie Telur homemade, lebih higienis, lebih mudah disesuaikan dengan selera kita, dan lebih hemat ^^ Ga lama kok bikin nya 🙂

Selama ini bikin Mie sih gitu gitu aja, kendala nya Mie nya lengket sewaktu di rebus, padahal sudah diberi taburan tepung. Ke dua, time management nya yang belum benar. Dan masih banyak lagi lain nya..

Nah kali ini, aku bikin adonan Mie nya simple aja. Cukup Tepung Cakra + Telur, sama sedikit air. Trus diuleni sebentar.
Nah setelah di uleni, aku siapin loyang besar untuk naruh mie nya nanti, ku taburi terigu dulu..

Mulai deh aku menggiling adonan mie nya sedikit demi sedikit. Untuk menggiling adonan mie nya aku dapat inspirasi setelah lihat koleksi foto adonan Cheese Stikck nya tante Carolina Maya ^^ Aku pikir mungkin aku harus menggiling dulu adonan nya sampai ketabalan yang di inginkan, trus ku sisihkan. Ku selesaikan saja semua.. Ga lupa juga adonan mie yang sudah mulus seperti Kulit Molen itu ku taburi tepung yang agak banyak..Setelah selesai semua adonan, udah mulus seperti sehelai Kain, ku siapin air untuk merebus mie.

Nah saat air rebusan nya sudah cukup panas, adonan mie yang seperti sehelai kain tadi ku giling pakai cetakan yang ku mau..
Jadi setelah selesai menggiling 1 adonan, langsung masuk di air rebusan 😀
Jadi adonan mie nya ga ada yang lengket satu sama lain ^^

resep nya cukup :

250 gram tepung Cakra
2 butir Telur utuh
Air secukupnya.

Cara :
Campur tepung dengan telur. Uleni hingga menggumpal, jika adonan terlalu kering tambahkan air sedikit demi sedikit. Tidak perlu banyak, cukup sampai adonan nya menggumpal dan bisa di bentuk. (hampir kalis).

Lalu ambil sedikit adonan, dan mulai giling dengan Cetakan Mie / Pasta Maker 🙂

Tips nya :

Air rebusan harus sudah siap ketika Adonan sudah selesai digiling dan di cetak.
Saat merebus mie, gunakan api sedang dan tambahkan sedikit minyak supaya mie nya tidak lengket.
Saat merebus mie, usahakan mie nya di aduk aduk menggunakan garpu agar tidak lengket satu sama lain.
Jangan pelit terigu sebagai taburan adonan Mie yang akan di giling dan di cetak ^^

Jika ingin memberi warna untuk adonan Mie nya cukup ganti saja air dengan Jus Sawi / Jus Wortel / Jus Buah Naga,dll.
Dalam hal ini bukan jus seperti yang kita minum, cukup diambil sari / air dari sayuran yang kita pakai ^^

Meski tanpa pengenyal, Mie ini tetap kenyal. Kuncinya, harus telaten saat menggiling adonan Mie sebelum dicetak 🙂

Karna Mie Telor ini tanpa bahan pengawet, di sarankan untuk segera di konsumsi di hari yang sama. Kalau aku, tadi ada sebagian mie yang sudah direbus ku tiriskan sampai kering. Ku masukkan do wadah tertutup, lalu ku simpan di freezer untuk di olah besok 🙂

Oiya, mie nya yang sudah di rebus bisa loh di olah jadi aneka hidangan mie yang kita mau. Merebus nya tidak perlu lama lama ya, supaya tidak terlalu lembek. Tapi ini tergantung selera juga sih 😀

CYMERA_20150330_183702

Ada yang mau menambahkan tips / pertanyaan ? Yuk sharing disini ^_^

CYMERA_20150330_193228

CYMERA_20150330_184700

Keliatan yummy kan setelah di olah jadi Hokkian Noodle ala Chinese food ^_^