Onde Onde Ketawa (Onde – Onde Pecah)

16730158_585693171626364_4995723265391595590_n

Hari yang super sibuk sedari pagi, tetapi masih di sempatin untuk ngajarin seseorang buat bikin Onde – Onde Ketawa 🙂 Kalau kalian nyebut nya ini Onde – Onde apa ? ^^

onde
.
.
Onde-onde Ketawa
Source : NCC
Rebaked : #ai_di

Bahan:

500 gr tepung terigu protein rendah (kunci biru)
1 sdt baking Powder Double Acting (BPDA)
150 gr gula pasir
50 gr margarine
1 sdt vanilli
4 butir telur (harus suhu ruang biar mau ketawa onde onde nya)

Bahan lain:

500 ml air (tadi AiDi tidak pakai air)
100 gr wijen putih
1 ltr minyak goreng

Cara Membuatnya:

– Campur tepung terigu dan BPDA, aduk rata. Sisihkan.
– Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut, masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok sampai mengembang.
– Matikan mikser.
– Tuang terigu kedalam adonan telur, aduk rata dan uleni perlahan sampai bisa dipulung.
– Bentuk bulat seperti bola ping-pong, celupkan kedalam air sebentar langsung gulingkan diatas wijen putih (di bagian ini AiDi tidak mencelulkan ke air, tapi langsung gulingkan di wijen. Tetap bisa lengket penuh wijen nya)
– Goreng dalam wajan dengan minyak banyak dan api sedang hingga mekar dan berwarna kuning kecoklatan.
– Angkat. Tiriskan. Dinginkan dan simpan dalam toples.

dsc_0318

dsc_0313

Mudah kan ? 🙂

Silahkan di share, nggak papa 🙂

Iklan

Martabak Madura (Martabak Bihun)

martabak aidistyleshop

Martabak Madura (martabak bihun) 🙂

Di tempat tinggal ku, di surabaya sini..katanya gorengan ini tuh nyebutnya Martabak Madura 😀 Tapi sekarang jarang nemuin orang yang jual ini :-/

Entah karna ini kuliner dari pulau Madura atau karna mayoritas penjualnya di sini adalah penduduk asli dari Madura 🙂
Yang jelas, gorengan yang satu ini bener bener enak, cocok dengan selera orang orang disini. Ini dalem nya cuma Bihun biasa, tapi biasanya ada yang diberi Gajih.
Semacam lemak ayam gitu ya ? Apa ya bahasa indonesia nya Gajih ? :v

Ada juga yang penyajian nya pakai semacam Telur. Jadi martabak ini digoreng barengan sama telur, tapi telurnya kuniiing banget. Kayak bukan telur 😀

Kalau makan ini mesti siap Petis sama cabai rawit yang hijau, mantaapp pastinya :v

Ccok juga untuk yang mau jualan kecil-kecilan. Soalnya gorengan ini biasanya dijual 500 rupiah, kecil memang..
Tapi slalu laris manis..biasa dijual di sekolah, di perkampungan, atau di masjid tempat anak anak ngaji 🙂

Martabak Bihun

Bahan Kulit :
– 200 gram tepung terigu (pakai tepung aja aja bisa)
– 100 ml air
– 1/2 sdt garam

Bahan Isian :
– 2 papan Bihun kering (ini bisa sesuai selera aja, udah biasa masak udah bisa kira kira dong ya 🙂 )
– 5 siung bawang putih
– 3 siung bawang merah
– 1/2 sdm kecap asin
– 1/2 sdm saus tiram
– Garam dan Gula secukupnya

Cara membuat Kulit :
– Uleni semua bahan hingga kalis (Kalis = tidak lengket ditangan)
– Bagi menjadi beberapa bagian (sekitar 10-15 bulatan adonan, atau seberat 15 gram)
– Lalu rendam di dalam minyak goreng yang bersih. (supaya elastis nantinya, ga perlu di rendam berjam jam tetap bisa kok)

Sementara adonan di rendam, kita buat isian nya terlebih dahulu 🙂

cara membuat isian :
– rendam bihun kering di dalam air panas hingga bihun nya tidak kering (lentur)
– Blender semua bawang dan kecap asin + sasu tiram
– Bumbu yang sudah halus tadi silahkan ditumis sebentar dengan sedikit minyak
– Lalu masukkan Bihun nya, tambahkan gula dan garam. Cicipi rasanya 🙂
– setelah matang, sisihkan

Cara penyajian :

– Siapkan plastik es batu (lebarkan, dengan di gunting sisi kanan dan sisi bawah plastik tersebut)
– siapkan piring bulat yang datar. Olesi dengan sedikit minyak, ratakan
– ambil 1 adonan, peras sedikit adonan nya supaya tidak terlalu berminyak.
– Lalu tutup dengan plastik, dan pipihkan hingga tipis (seperti membuat Pastel). Setelah pipih ambil plastiknya, sisihkan.
– Letakkan bihun di tengah tengah, lalu lipat menjadi segitiga (seperti risoles segitiga)
– Goreng dengan api sedang
– Sajikan ^^

Jangan lupa petis dan cabe rawit nya 🙂

martabak aidistyleshop

Selamat mencoba, goodluck 🙂