Tampilkan Sweet Corner di Lobby Kampus – Advanced Pastry Class

photogrid_1473316208937Siapa yang tidak mengenal β€œSweet Corner” ?

photogrid_1473167831851

Beberapa orang mengenal nya dengan sebutan Dessert Table.

14364757_516096288586053_3667931851743345956_n

Saat ini, Sweet Corner bisa kita temukan di beberapa acara. Baik cara formal hingga non-formal. Misal nya saja, di acara Ulang tahun, wedding party, arisan, reuni, dan lain sebagainya.

14184485_511705465691802_5240452655012327231_n

Seiring dengan berkembang nya trend Sweet Corner, saat ini banyak sekali yang menawarkan jasa penyedia Sweet Corner. Mulai dari persiapan dessert nya hingga dekorasi yang akan digunakan untuk mengisi Sweet Corner permintaan calon customer nantinya.

14117841_510199525842396_2628177354539118337_n

Biasanya, Sweet Corner yang akan di tampilkan akan dihias secantik mungkin, tidak hanya dekorasi saja yang dibuat cantik, akan tetapi aneka dessert yang dihidangkan pun akan di tata secantik dan semenarik mungkin sesuai dengan tema yang telah disepakati.

Pada kesempatan kali ini, mahasiwa Advanced Pastry Class memilih tema Alice in The Wonderland untuk Sweet Corner yang nantinya akan ditampilkan di Lobby AkPar Majapahit Surabaya. Warna dekorasi dan hidangan yang akan disajikan pun tidak jauh dari warna warna soft seperti Biru muda, Pink, Putih, Ungu, dan beberapa warna soft lainnya.

14355185_516105638585118_5056505047510632843_n

14212125_509778112551204_5000193915358174504_n

Salah satu yang menarik dari Sweet Corner kali ini adalah dessert nya yang menyuguhkan aneka streetfood dari beberapa mancanegara. Misal nya saja Taiyaki dan Poffertjes. Untuk Taiyaki sendiri adalah salah satu streetfood dikenal berasal dari Jepang. Taiyaki juga biasanya disuguhkan sebagai salah satu hidangan penutup.

img1473299471844

Bahan yang digunakan hampir sama dengan bahan untuk membuat Pancake. Yang membuat Taiyaki terlihat cukup unik dan menarik adalah dari segi tampilan dan cita rasa nya. Taiyaki memiliki ciri khas berbentuk Ikan, sedangkan di dalam nya terdapat pasta Kacang merah manis atau yang biasa dikenal dengan sebutan β€œAnko”.

1473157735750

Tertarik mencoba peruntungan di Sweet Corner ? Tristar Culinary Institute bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulai langkah awal mengenali semua serba-serbi tentang Sweet Corner πŸ™‚Β Didukung dengan fasilitas yang memadai pastinya kenyamanan bisa didapatkan selama proses pembelajaran.

*nurul*

Tristar Institute

School of Culinary – Baking Pastry Art, Food Technology, Hospitality, Cruise,

D3 Hotel & S1 Culinary Business

Kampus Tristar Institute, ada di:

SurabayaΒ || Jl. Raya Jemursari 244

Telp. 031-8433224, 0813 5786 6283, PIN. 2B517ECB

SurabayaΒ || Jl. Raya Dukuh Kupang 157B

Telp. 031-8480821-22, 0812 1618 1016, PIN. 25D164CF

SurabayaΒ || Jl. Raya Kaliwaron 58 -60

Telp. 031-5999593, 0822 3005 9993

Kota BatuΒ || Jl. Bukit Berbunga No. 10

Telp. 0341-3061525, 0812 3253 9310, PIN. 5CD84671

TangerangΒ || Jl. Pahlawan Seribu – Raya Serpong Ruko BSD Sektor 7 Blok RL 31-33

Telp. 021-5380668, 0813 3656 3094, PIN. 2B425821

BogorΒ || Jl. Bina Marga No. 19

Telp. 021-5380668, 0812 3450 6326, PIN. 53B4EFD8

Iklan

MACARON

macarons aidistyleshop

MACARON.

Bukan Macaroon, tapi MACARON. Jangan sampai salah tulis ya, karna artinya nanti akan berbeda πŸ™‚

Kuliah minggu ini fokus di Macarons dan Eclairs. Tapi, Eclairs nya yang modern. Yang biasa buka Pinterest pasti tau πŸ™‚

macarons aidistyleshop

Membuat Macarons ini sebetulnya nggak terlalu lama, nggak terlalu ribet, tapi penuh dengan Trik.
Jadi persiapan nya juga nggak main-main. Karna harga bahan bahan nya sendiri nggak bisa disebut Murah.
Karna proses nya itu juga makanya Macaron nggak dijual dengan harga Murah.

Proses pembuatan nya hingga bisa di sajikan setidak nya membutuhkan 3 harian πŸ™‚

Tekstur Macaron yang asli itu nggak terlalu krispi, tetapi sedikit Chewy (seperti agak lengket gitu saat di mulut / dikunyah..tau kan yaa).

Untuk dapat warna yang bagus usahakan pakai Pewarna makanan yang bagus pula. Tentu nya harga nya juga tidak bisa dibilang murah πŸ™‚

Untuk ‘shell’ nya si Macaron, biar mengkilap bagus itu bisa disimpan di Lemari pendingin terlebih dahulu. Baru di sajikan.

macarons aidistyleshop

Dan Macaron yang berhasil cirinya ada pada ‘kaki’ nya. Harus keluar kaki nya, bukan asal mulus mengembang saja πŸ™‚

Untuk mendapatkan ‘kaki’ ini lah yang penuh trik πŸ™‚
Salah satu nya, Oven yang digunakan. Untuk hasil yang maximal, gunakan Oven Convection. Oven ini ada kipas angin nya di dalam nya πŸ™‚

Aneka Kue Kering (Cookies)

kukis aidistyleshop

Yuk Belajar Buat KuKis sendiri ^^
Menjelang akhir Triwulan perkuliahan, mahasiswa belajar membuat aneka Jenis Kue Kering atau yang biasa disebut dengan Cookies. Materi Kue Kering ini diantara nya mengajarkan mahasiswa untuk mengenal tekhnik pengolahan Kue Kering, pengetahuan tentang suhu pembakaran serta penyimpanan Kue Kering, tekhnis menghias kue kering, tekhnik penyajian kue kering, dan masih banyak lagi serba serbi Kue Kering lain nya yang akan dipelajari. Untuk 1 minggu pertama, ada beberapa jenis Kue Kering yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarkat. Misal nya saja : Nastar, Kastengel, Putri Salju, dan kue kering lain nya.

sagu keju aidistyleshop

Biasanya kue kering ini di sajikan sebagai β€˜suguhan’ untuk perayaan moment tertentu. Tetapi, di hari hari biasa pun kita bisa juga kok membuat kue kering untuk dikonsumsi sendiri ^^

semprit coklat aidistyleshop

Untuk pengenalan dasar pembuatan Kue Kering, mahasiswa diajarkan mengolah Kue Kering dengan 2 metode. Creamy Methode dan All in One method, 2 metode ini sering kali dijadikan dasar pembuatan Kue Kering.

chcocochip cookies aidistyleshop

Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
E-mail : akparmajapahit@gmail.com
Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2A6A1F4E
Fax. (031) 8432050
http://www.majapahit.orgΒ /Β http://www.matoa.info

Danish Butter Cookies

aidistyleshop

halloo ^^

hari ini hari ke 2 Aidi bikin Kukis (kue kering) untuk lebaran nanti ^^ Nah karna aku masih awam di dunia per-baking-an, makanya bikin Kukis nya yang simple aja dulu, yang sekira nya bahan nya ekonomis ^_^ dan lagii, sekalian belajar menaklukan Otang (Oen Tangkring). Selama ini biasa pakai Oven Listrik, kalau dikampus pakai Oven gas. Jadi udah waktunya belajar pakai Otang. Daaan sore ini berhasil menaklukan si Otang πŸ˜€
Puas banget memanggang kukis pakai Oven Tangkring yang ‘jadul’ gitu. Sekali manggang ga pakai acara nunggu, langsung bisa ke oven semua 1 adonan ^^ hasilnya juga memuaskan, lama memanggang nya juga lebih cepat πŸ˜€
Kali ini yang jadi percobaan ku adalah Butter Cookies, ala Monde gitu wkwkwkwk πŸ˜€ Pakai spuit bintang yang 2 ribuan aja. Alhamdulillah berhasil.. Yuk, yang mau coba, simak baik baik resepnya ^^

aidistyleshop

Danish Butter Cookies (kukis Monde)
Source : Rina A Laurence & KalisKukis’s blog.

Bahan:
80 gr mentega tawar
120 gr mentega (atau margarine)
100 gr gula halus (boleh ditambah sampai 130gr jika suka manis)
300 gr tepung protein rendah (Kunci Biru)
1 butir telur ukuran sedang
1 sdt vanilla extract
6 sdm tidak munjung susu bubuk full cream

Cara membuat:
– campurkan susu ke dalam tepung, aduk rata.
– kocok mentega dan gula sampai jadi butter cream lembut dengan speed dari pelan ke cepat secara bertahap, tambahkan telur dan kocok sebentar saja supaya tercampur.
– masukkan tepung sedikit-sedikit sampai habis dan vanilla, mixer dengan speed rendah sampai adonan tercampur rata
– masukkan dalam pelastik segi tiga dengan spuit, cetak di loyang yang sudah diolesi mentega.
– panggang sampai berwarna keemasan merata di oven bersuhu 180Β°C yang sudah dipanaskan terlebih dulu / otang dengan api agak besar
– tunggu sampai dingin barulah dilepas dari loyang dan disusun bertumpuk dalam kertas cupcake/kertas bolkus dan tata dalam toples kedap udara.

Jadi sekitar 70 cookies

Notes:
– semua bahan HARUS dalam suhu ruang, tidak boleh ada yang beku atau dingin.
– panaskan oven sebelum memanggang
– silahkan berkreasi dengan bentuk menggunakan aneka spuit atau cetakan cookies
– bisa diberi campuran kismis atau chocochips untuk variasi rasa dan ditabur gula pasir.
– boleh dibuat dengan 100% mentega tawar atau 100% mentega gurih.
– beda merek butter/margarine dan susu tentu mempengaruhi rasa, maka secara logika jangan harap ini 100% rasanya seperti mond* karena bahan yang mereka gunakan belum tentu sama dengan stok di rumah mbak semua. Bisa jadi lebih enak dari mond* dan bisa juga hampir mirip rasanya karena ini resep klasik rumahan.

Ingat:
BEDA ORANG PASTI BEDA SELERA, maka kreatiflah untuk memodifikasi takaran dalam resep hingga didapatkan rasa yang pas dengan selera Anda, karena yang enak buat saya belum tentu Anda juga suka

Tambahan dari Aidi ^^ :

– Tepung nya ku sangrai terlebih dahulu, supaya lebih renyah kukisnya.
– Aku tadi pakai Full Margarin
– Memanggang dengan otang tadi memerlukan waktu sekitar 25-30 menit saja. Aku langsung pakai 2 loyang sekaligus, yang ku pakai Rak Tengah dana Rak paling atas ketika memanggang.
– Setelah 15 menit pertama memanggang, loyang ku balik. Yang atas diturunin ke rak tengah. Yang tengah diganti ke atas.
– Selama mengocok Gula halus dan Margarin, hanya ku mixer selama 1-2 menit saja.
– Telur yang ku pakai 2 biji, jadi adonan lebih mudah ku spuit tadi.
– Setelah semua adonan di campur jadi 1, adonan ku istirahat kan 15 menitan di Kulkas (chiller), supaya adonan kukis ku aman, Tidak melebar bentuk nya ketika di oven karna proses pengulenan yang menurut ku tidak sebentar.
– Loyang hanya ku poles margarin tipis tipis. Ketika Kukis nya sudah dingin, kukisnya bisa mudah lepas sendiri dari loyang nya ^^
– Kukis itu jika sudah matang, waktu dipegang awalnya memang empuk seperti belum matang. Tapi kalau sudah dikeluarkan dari oven, lama lama si kukis akan mengeras dengan sendirinya. Jika kelamaan mengoven nanti si Kukis keras ^^

Selamat mencoba, Goodluck πŸ˜‰

aidistyleshop

Green Tea Cookies (Kukis Semprit Green Tea)

kukis aidistyleshop

Selamat malam πŸ™‚

Sebelumnya terima kasih buat Kak Yana. Resep nya recommended sekali ^^
Jadi hari ini tiba-tiba pengeen banget bikin Kukis meskipun aku paling sebel kalau disuruh bikin kukis -_- Iseng jalan jalan ke grup, tau tau ketemu Kue Semprit cantik. Resep dari Kak Yana, tapi namanya aku..kue semprit nya ga mau ku cetak pakai Spuit. Ga mau repot :p Jadi ambil cookies cutter nya Kastengel. lalu cetak deh ^^ Beres.. Oven, dinginin, kemas di toples, simpan πŸ™‚

aidistyleshop

Karna ada beberapa bahan yang ku ganti, jadi sempat ku tambah Bubuk Green Tea, jadi lah namanya Greentea cookies kalau siap dijual di toko ku nanti πŸ˜€ Kukis ini Tanpa Telur tapi reeeenyaah lembut sekali, ga pake dikunyah bisa kok :p Yukk dicoba ^^

aidistyleshop

Semprit Susu by Kak Yana

Bahan:

250 gr mentega (aku tadi pakai mentega dan margarin)
110 gr gula halus
110 gr tepung maizena (aku tadi hanya pakai 60 gram, sisanya pakai tepung custard semua + sedikit bubuk green tea)
110 gr tepung custard
150 gr tepung terigu(lebih baik di sangai dulu)
Vanili ,pewarna dan coklat chip

Cara:
1.Mikser gula dan mentega sebentar saja,asal rata (jangan kelamaan ngemixer, cukup 1-2 menit saja. Jika lebih dari itu nanti kukis nya akan melebar saat dioven)
2.Masukkan semua ketiga jenis tepung dan vanili,aduk rata dan tambahkan pewarna (Warna asli dari postingan kak yana yaitu kuning ,hijau dan pink)
3.Cetak dengan menggunakan spuit di mulai dengan warna kuning,hijau dan pink. (punya ku di cetak pakai cetakan kastengel)
4.Panggang sampai matang dengan suhu 150 derajat celcius sekitar 15-20 menit (kenali oven masing masing ya)
5. Sajikan ^^

NOTES :
– Tepung nya usahakan di sangari terlebih dahulu (usahakan pakai Kunci biru. Jika tidak ada boleh pakai segitiga)
– Setelah adonan di uleni jadi satu dan masing masing diberi warna, istirahatkan sejenak di chiller (kulkas). Kurang lebih selama 30 menit. Adona di rest supaya saat dioven kukis tidak melebar bentuknya. Karna selama pengulenan, gesekan tangan dengan adonan yang mayoritas mentega itu akan menimbulkan Panas. Maka dari itu adonan kukis di rest terlebih dahulu.
– Adonan kukis ini jika dicetak dengan Spuit memang susah. Jika tidak sabaran, silahkan gunakan cookies cutter πŸ™‚
– untuk yang pertama kali membuat kukis, jangan kaget jika setelah pengovenan kukis selesai tapi kukis masih lembek.Tidak masalah, setelah dikeluarkan dari oven, kukis akan mengeras dengan sendirinya.
– Saat mengoven jangan terlalu berdempetan, biasa nya Ibu Ibu suka nih di dempet dempetin sesuai prinsip ekonomis u_u Jadi, usahakan diberi jarak ya antar kukis, karna di antara jarak itu nanti akan ada Panas dari oven. Kalau ga diberi jarak, nanti malah matang nya ga merat.
– Saat mengemas didalam toples, jangan di tutup kalau kukis belum dingin. Nanti cepat basi (berjamur).

Selamat mencoba, goodluck ^^

aidistyleshop

Kue Kacang “Jadul”

10527800_546999102092740_1226137001090025208_n

Akhirnya bernostalgia ke masa masa TKK-SD ku dulu πŸ˜€Β 

Ntah udah berapa tahun yang lalu ya ?? Tapi rasa kue kacang ini nggak pernah terlupa :p Nggak ngerti deh kenapa disebut kue kacang, kenapa nggak cookies kacang atau kuker kacang gitu πŸ˜€Β 

Seneng banget bikin ini, sekali eksekusi langsung 3 resep, asli cepet banget proses nya, ngebentuk nya juga cepet, seru. Coba deh bikin sendiri dirumah, pasti seneng karna nggak pakai lama ^^

Resep asli ambil dari blog kak Hesti’s KitchenΒ ya πŸ˜‰

Bahan :

125 gram kacang tanah (kupas kulitnya, lalu sangrai kacang nya)

200 gram tepung protein sedang / rendah

100 gram minyak goreng

85 gram gula halus (kalau suka Β manis bisa tambah sampai 100 gram ya)

1/2 sdt garam

Olesan :

1 kuning telur + 1/2 sdm mentega cair

Cara Membuat :

Sangrai kacang, kupas kulit nya sampai bersih. Lalu blender / tumbuk kacang sampai halus.(saat menumbuk / memblender jangan dalam keadaan panas, nanti kacang nya berubah jadi Pasta. Setelah disangrai Dingin kan dahulu sebelum di tumbuk/blender).

Campur Β tepung terigu, kacang tanah yang telah dihaluskan, gula halus, dan garam sampai rata. (seperti diuleni). Setelah itu masukkan Minyak goreng, aduk Β rata semua nya.

Tutup wadah dengan plastik, lalu masukkan ke dalam kulkas selama 1 jam.

Setelah 1 jam, keluarkan adonan. Diamkan beberapa saat di suhu ruangan. Lalu cetak adonan sesuai keinginan.

Lalu letakkan adonan yang sudah dicetak diatas loyang yang telah di olesi margarin.Β 

Poles bagian atas kue dengan bahan olesan, lalu panggang dengan suhu 170 derajad celcius selama 15 – 20 menit. (kenali panas oven masing masing juga ya. lama memanggang bisa lebih dari 20 menit juga)

Setelah dipanggang, biarkan kue sampai dingin. Lalu masukkan toples.

Selamat mencoba πŸ˜‰

Β