Martabak Madura (Martabak Bihun)

martabak aidistyleshop

Martabak Madura (martabak bihun) πŸ™‚

Di tempat tinggal ku, di surabaya sini..katanya gorengan ini tuh nyebutnya Martabak Madura πŸ˜€ Tapi sekarang jarang nemuin orang yang jual ini :-/

Entah karna ini kuliner dari pulau Madura atau karna mayoritas penjualnya di sini adalah penduduk asli dari Madura πŸ™‚
Yang jelas, gorengan yang satu ini bener bener enak, cocok dengan selera orang orang disini. Ini dalem nya cuma Bihun biasa, tapi biasanya ada yang diberi Gajih.
Semacam lemak ayam gitu ya ? Apa ya bahasa indonesia nya Gajih ? :v

Ada juga yang penyajian nya pakai semacam Telur. Jadi martabak ini digoreng barengan sama telur, tapi telurnya kuniiing banget. Kayak bukan telur πŸ˜€

Kalau makan ini mesti siap Petis sama cabai rawit yang hijau, mantaapp pastinya :v

Ccok juga untuk yang mau jualan kecil-kecilan. Soalnya gorengan ini biasanya dijual 500 rupiah, kecil memang..
Tapi slalu laris manis..biasa dijual di sekolah, di perkampungan, atau di masjid tempat anak anak ngaji πŸ™‚

Martabak Bihun

Bahan Kulit :
– 200 gram tepung terigu (pakai tepung aja aja bisa)
– 100 ml air
– 1/2 sdt garam

Bahan Isian :
– 2 papan Bihun kering (ini bisa sesuai selera aja, udah biasa masak udah bisa kira kira dong ya πŸ™‚ )
– 5 siung bawang putih
– 3 siung bawang merah
– 1/2 sdm kecap asin
– 1/2 sdm saus tiram
– Garam dan Gula secukupnya

Cara membuat Kulit :
– Uleni semua bahan hingga kalis (Kalis = tidak lengket ditangan)
– Bagi menjadi beberapa bagian (sekitar 10-15 bulatan adonan, atau seberat 15 gram)
– Lalu rendam di dalam minyak goreng yang bersih. (supaya elastis nantinya, ga perlu di rendam berjam jam tetap bisa kok)

Sementara adonan di rendam, kita buat isian nya terlebih dahulu πŸ™‚

cara membuat isian :
– rendam bihun kering di dalam air panas hingga bihun nya tidak kering (lentur)
– Blender semua bawang dan kecap asin + sasu tiram
– Bumbu yang sudah halus tadi silahkan ditumis sebentar dengan sedikit minyak
– Lalu masukkan Bihun nya, tambahkan gula dan garam. Cicipi rasanya πŸ™‚
– setelah matang, sisihkan

Cara penyajian :

– Siapkan plastik es batu (lebarkan, dengan di gunting sisi kanan dan sisi bawah plastik tersebut)
– siapkan piring bulat yang datar. Olesi dengan sedikit minyak, ratakan
– ambil 1 adonan, peras sedikit adonan nya supaya tidak terlalu berminyak.
– Lalu tutup dengan plastik, dan pipihkan hingga tipis (seperti membuat Pastel). Setelah pipih ambil plastiknya, sisihkan.
– Letakkan bihun di tengah tengah, lalu lipat menjadi segitiga (seperti risoles segitiga)
– Goreng dengan api sedang
– Sajikan ^^

Jangan lupa petis dan cabe rawit nya πŸ™‚

martabak aidistyleshop

Selamat mencoba, goodluck πŸ™‚

Iklan

3 thoughts on “Martabak Madura (Martabak Bihun)

  1. Gina berkata:

    Halo, Mbak ^^
    Resepnya bisa dicoba banget, kebetulan juga suka sama martabak segitiga ini. Btw, Mbak tau cara bikin telur yang kuning-kuningnya itu nggak? Saya juga suka banget itunya tuh. Enak banget kalau biasa beli di Ibu-Ibu yang jual dekat rumah. Tapi sekarang udah pindah, jadi nggak sempat nanyain resepnya 😦 Mohon share-nya kalau tau ya, Mbak. Thank you ^^

    Suka

  2. dina berkata:

    baca postingan ini, jadi nostalgia masa lalu
    apalagi sekarang tinggal di luar pulau jawa.
    dulu dekat kos teman ada yg jual martabak kayak gini cuma dalemx pake mie telur dan crunchy banget. kalo bisa share donk martabak kayak gini tp kulitnya yg crunchy and gk oily. thanx ya… πŸ™‚

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s