Black Burger Bun

arang

Dirty Burger Bun.

Warna hitam nya di dapat dari activated charcoal (arang). Bubuk arang ini harga nya bervariasi, mulai dari yang murah hingga ada yang hampir 1 juta. Terserah pakai yang mana 🙂
-BELI BUBUK CHARCOAL NYA BISA DI ONLINESHOP ATAU TOKO BAHAN KUE YANG BESAR, SILAHKAN CARI TAU SENDIRI ONLINESHOP MANA YANG JUAL- (Jika masih ada yang bertanya, tak akan di balas 🙂 Biasakan membaca 🙂 )

Kali ini tekstur rotinya benar-benar pas 🙂
Mulai dari takaran bahan cair, bahan kering, sampai jenis tepung nya juga di perhitungkan betul-betul. Terlebih lagi roti ini tidak memakai Telur dan tidak memakai pengempuk roti seperti bread improver. Jadi kelembutan roti nya hanya tahan 4 harian.

Ingat, kunci utama roti empuk :
– Pilih bahan bahan yang berkualitas
– Proses pembuatan harus benar benar tepat
– Takaran bahan cair harus benar benar sesuai dengan Adonan nya
– Dan proses penyimpanan pun harus benar benar diperhatikan

Dan untuk memahami 4 kunci utama diatas cara nya hanya 1, Banyak banyak latihan 🙂

Tapi maaf, resep nya yang ini tidak ada. Karna ini untuk yang ikut kursus Online maupun yang mau datang ke rumah 🙂
Kalau mau nyoba juga, silahkan pakai resep roti yang kemarin ku share. Hasil akhirnya saja yang akan berbeda 🙂 Ini ku copykan resep yang pernah ku share 🙂

Bahan :
– 500 gram Tepung Cakra
– 5 gr Ragi instan
– 20 gram bubuk avtivated charcoal
– 50 gram Gula Pasir
– 200 ml susu cair yang tawar / fullcream (ini harus di kira-kira, kalau sudah kalis jangan di tambah susu cair nya meski belum 200 ml. Kalau dirasa adonan masih kering, boleh tambahkan susu cair sedikiiit. Jangan melebihi 300 ml)
– 50 gram mentega / margarin

Silahkan di uleni semua bahan bahan yang ku sebut diatas ^^
Aku tidak menggunakan Telur, ataupun Bread Improver untuk roti tawar kali ini.
Tapi kalau ingin hasil maximal kuncinya adalah Kadar air (bahan cair) yang dipakai untuk adonan harus pas, dan pengulenan nya harus kalis elastis 🙂

Untuk proses proofing nya adonan yang sudah ditata diloyang tidak akan ku tutup kain atau apapun. Cuma di diamkan di depan kipas angin. Dan sesekali di beri percikan air (gunakan spray supaya adonan tidak basah seperti abis di siram air -_- ).

Air ini juga berguna menjaga kelembapan roti nantinya.

Silahkan dicoba ^^

Iklan

Roti Tawar Susu

roti aidistyleshop

Ini dia hasil roti tawar dengan menggunakan Loyang Bulat Tertutup 🙂
Serat nya halus sekali, dan bentuk seratnya pun sudah seperti yang ku targetkan.
Resepnya sama seperti yang ku share saat pembuatan Roti Tawar Greentea ^^
 
Untuk roti tawar nya aku cuma menggunakan :
 
– 500 gram Tepung Cakra
– 5 gr Ragi instan
– 50 gram susu bubuk
– 50 gram Gula Pasir
– 200 ml susu cair (ini harus di kira-kira, kalau sudah kalis jangan di tambah susu cair nya meski belum 200 ml. Kalau dirasa adonan masih kering, boleh tambahkan susu cair sedikiiit. Jangan melebihi 300 ml)
– 50 gram mentega / margarin
 
Silahkan di uleni semua bahan bahan yang ku sebut diatas ^^
 
Aku tidak menggunakan Telur, ataupun Bread Improver untuk roti tawar kali ini.
Tapi kalau ingin hasil maximal kuncinya adalah Kadar air (bahan cair) yang dipakai untuk adonan harus pas, dan pengulenan nya harus kalis elastis 🙂
 
Untuk proses proofing nya adonan yang sudah ditata diloyang tidak akan ku tutup kain atau apapun. Cuma di diamkan di depan kipas angin. Dan sesekali di beri percikan air (gunakan spray supaya adonan tidak basah seperti abis di siram air -_- ).
Air ini juga berguna menjaga kelembapan roti nantinya.
 
Untuk lama pengovenan dengan loyang tertutup ini sekitar 15-20 menit dengan suhu 200 derajad Celcius.
 
Oiya, memotong roti tawar ini tunggu sampai roti tawar nya benar-benar dingin. Ini pun aku memotong nya setelah 2 hari ^^ (roti tawar buatan rumah ini tahan 4 harian ternyata)
Dan hanya menggunakan pisau dapur, bukan pisau roti yang bergerigi besar besar 🙂
Memotong roti seperti memotong sushi, tidak boleh ditekan, gerakan pisau nya maju-mundur. Jangan langsung ditekan ke bawah bagaikan mengiris buah durian -_-
 
Untuk serat roti yang halus, saat menggulung adonan usahakan gulung secara rapat dan padat.
Dan jangan over proofing. Nanti akan berongga besar besar jika overproofing ^^
roti tawar aidistyleshop
 
Silahkan dicoba ^^

Martabak Madura (Martabak Bihun)

martabak aidistyleshop

Martabak Madura (martabak bihun) 🙂

Di tempat tinggal ku, di surabaya sini..katanya gorengan ini tuh nyebutnya Martabak Madura 😀 Tapi sekarang jarang nemuin orang yang jual ini :-/

Entah karna ini kuliner dari pulau Madura atau karna mayoritas penjualnya di sini adalah penduduk asli dari Madura 🙂
Yang jelas, gorengan yang satu ini bener bener enak, cocok dengan selera orang orang disini. Ini dalem nya cuma Bihun biasa, tapi biasanya ada yang diberi Gajih.
Semacam lemak ayam gitu ya ? Apa ya bahasa indonesia nya Gajih ? :v

Ada juga yang penyajian nya pakai semacam Telur. Jadi martabak ini digoreng barengan sama telur, tapi telurnya kuniiing banget. Kayak bukan telur 😀

Kalau makan ini mesti siap Petis sama cabai rawit yang hijau, mantaapp pastinya :v

Ccok juga untuk yang mau jualan kecil-kecilan. Soalnya gorengan ini biasanya dijual 500 rupiah, kecil memang..
Tapi slalu laris manis..biasa dijual di sekolah, di perkampungan, atau di masjid tempat anak anak ngaji 🙂

Martabak Bihun

Bahan Kulit :
– 200 gram tepung terigu (pakai tepung aja aja bisa)
– 100 ml air
– 1/2 sdt garam

Bahan Isian :
– 2 papan Bihun kering (ini bisa sesuai selera aja, udah biasa masak udah bisa kira kira dong ya 🙂 )
– 5 siung bawang putih
– 3 siung bawang merah
– 1/2 sdm kecap asin
– 1/2 sdm saus tiram
– Garam dan Gula secukupnya

Cara membuat Kulit :
– Uleni semua bahan hingga kalis (Kalis = tidak lengket ditangan)
– Bagi menjadi beberapa bagian (sekitar 10-15 bulatan adonan, atau seberat 15 gram)
– Lalu rendam di dalam minyak goreng yang bersih. (supaya elastis nantinya, ga perlu di rendam berjam jam tetap bisa kok)

Sementara adonan di rendam, kita buat isian nya terlebih dahulu 🙂

cara membuat isian :
– rendam bihun kering di dalam air panas hingga bihun nya tidak kering (lentur)
– Blender semua bawang dan kecap asin + sasu tiram
– Bumbu yang sudah halus tadi silahkan ditumis sebentar dengan sedikit minyak
– Lalu masukkan Bihun nya, tambahkan gula dan garam. Cicipi rasanya 🙂
– setelah matang, sisihkan

Cara penyajian :

– Siapkan plastik es batu (lebarkan, dengan di gunting sisi kanan dan sisi bawah plastik tersebut)
– siapkan piring bulat yang datar. Olesi dengan sedikit minyak, ratakan
– ambil 1 adonan, peras sedikit adonan nya supaya tidak terlalu berminyak.
– Lalu tutup dengan plastik, dan pipihkan hingga tipis (seperti membuat Pastel). Setelah pipih ambil plastiknya, sisihkan.
– Letakkan bihun di tengah tengah, lalu lipat menjadi segitiga (seperti risoles segitiga)
– Goreng dengan api sedang
– Sajikan ^^

Jangan lupa petis dan cabe rawit nya 🙂

martabak aidistyleshop

Selamat mencoba, goodluck 🙂

Sushi Jowo (Javanese Sushi)

sushi aidistyleshop

Sushi Jowo (Javanese Sushi) ^_^

Jowo itu Jawa ya 🙂
Kenapa namanya Sushi Jowo ? ^^ Karna sushi nya ini beda dengan sushi biasanya 😀

Di rumah ku semuanya kan orang Jawa aslii, mereka kurang suka kalau aku beli Sushi. Kalau aku beli sendiri nggak mungkin bisa ngehabisin. Tapi udah kepengeen banget sama sushi, ya udah bikin Sushi yang sekiranya bisa diterima sama orang orang rumah ku 😀

Sushi Jowo

Bahan :
– 2 lembar Nori untuk Sushi (yang biasa untuk membungkus sushi)
– 1 piring Nasi hangat
– 1 potong Iwak Pe (ikan Pe yang di asapin, trus di goreng)
– 1 Telur dadar
– 1 buah sosis, di goreng, potong potong memanjang
– 4 sdm Abon pedas
– 2 sdm saus pedas

Sushi Mat (tikar penggulung sushi)

Cara Membuat :
– Tata 1 lembar Nori di atas Sushi Mat.
– Tuang nasi diatas nya, rata kan sesuai bentuk Norinya (kalau bisa nasi nya jang tebal tebal. Nori mempunyai 2 permukaan, ada yang kasar, dan halus. Nah Yang bagian kasar itu lah yang di pakai untuk menempel nasi nya. Biar nasinya bisa merekat)
– lalu taburi dengan abon pedas hingga rata
– tata telur dadar, sosis, ikan Pe di tengah tengah
– Lalu gulung hingga rapat, padat.

Setelah padat, potong sushi nya sesuai dengan selera kita ^^

Untuk memotong sushi ini usahakan Pisau nya tajam.
Pisau nya bisa di beri air sedikit atau kecap asin sebelum dipakai memotong sushi, biar rapi hasil potongan Sushinya.

Nah..sekarang sushi siap dinikmati dengan Saus Pedas ^_^

Simple kan ^^

Isian nya sendiri bisa diganti ganti kok, sesuaikan dengan selera aja 😀

Selamat mencoba, goodluck 😉

Roti Tawar Greentea & Nutella ‘wannabe’

roti tawar

Roti Tawar Greentea + Nutella ‘wannabe’ 🙂
 
Perpaduan yang tepat sekali untuk teman nyemil sore ini ^_^
Dan ke dua nya buatan rumah semua 🙂
Roti tawar ku kali ini adalah roti tawar yang paling pas, paling enak, paling sesuai dengan target ku. Sudah mendekati buatan pabrik atau bakery ^^
Proofing nya tanpa menggunakan Proofer box, tapi hasil roti nya lembut, meski sudah beberapa hari 🙂
 
Dan karena lagi suka suka nya sama rasa Greentea, akhirnya si adonan pun ditambahin bubuk Greentea. Rasa Greentea nya dapett banget, tapi jangan membayangkan kalau roti ini super pahit ya :v
 
Untuk selai nya…kali ini pakai Nutell wannabe ya ^^
Nutella abal-abal aja sih ini.. Tapi sukses ‘menipu’ siapapun yang memakan nya tadi :v Di kirain hasil beli :v
aidistyleshop
 
Untuk roti tawar nya aku cuma menggunakan :
 
– 500 gram Tepung Cakra
– 5 gr Ragi instan
– 25-30 gram Bubuk Greentea (usahakan yang kualitasnya bagus)
– 50 gram Gula Pasir
– 200 ml air (ini harus di kira-kira, kalau sudah kalis jangan di tambah air nya meski belum 200 ml. Kalau dirasa adonan masih kering, boleh tambahkan air sedikiiit. Jangan melebihi 300 ml)
 
Silahkan di uleni semua bahan bahan yang ku sebut diatas 😀
Aku tidak menggunakan Telur, ataupun Bread Improver untuk roti tawar kali ini.
Tapi kalau ingin hasil maximal kuncinya adalah Kadar air yang dipakai untuk adonan harus pas, dan pengulenan nya harus kalis elastis 🙂
 
Untuk proses proofing nya adonan yang sudah ditata diloyang tidak akan ku tutup kain atau apapun. Cuma di diamkan di depan kipas angin. Dan sesekali di beri percikan air (gunakan spray supaya adonan tidak basah seperti abis di siram air -_- ).
Air ini juga berguna menjaga kelembapan roti nantinya.
 
Dan untuk Nutella wannabe nya :
 
DCC (coklat blok), lelehkan, sisihkan sebentar.
1 genggang kacang tanah / kacang mede (mente) / hazelnut..di blender dengan 1 SDM Minyak Sayur (minyak goreng kualitas bagus, bersih).
 
Kacang tanah yang di blender harus sampai halus, dan jangan khawatir jika kacang nya nanti tidak encer. Hasil akhirnya bakal seperti selai pada umumnya. Benar benar kental.
 
Setelah kacang nya halus dan ‘creamy’, masukkan ke dalam coklat leleh. Aduk rata.
Simpan dalam wadah tertutup ^^
12039178_410316919163991_7800082072064291661_n
 
Silahkan mencoba, goodluck 🙂

MACARON

macarons aidistyleshop

MACARON.

Bukan Macaroon, tapi MACARON. Jangan sampai salah tulis ya, karna artinya nanti akan berbeda 🙂

Kuliah minggu ini fokus di Macarons dan Eclairs. Tapi, Eclairs nya yang modern. Yang biasa buka Pinterest pasti tau 🙂

macarons aidistyleshop

Membuat Macarons ini sebetulnya nggak terlalu lama, nggak terlalu ribet, tapi penuh dengan Trik.
Jadi persiapan nya juga nggak main-main. Karna harga bahan bahan nya sendiri nggak bisa disebut Murah.
Karna proses nya itu juga makanya Macaron nggak dijual dengan harga Murah.

Proses pembuatan nya hingga bisa di sajikan setidak nya membutuhkan 3 harian 🙂

Tekstur Macaron yang asli itu nggak terlalu krispi, tetapi sedikit Chewy (seperti agak lengket gitu saat di mulut / dikunyah..tau kan yaa).

Untuk dapat warna yang bagus usahakan pakai Pewarna makanan yang bagus pula. Tentu nya harga nya juga tidak bisa dibilang murah 🙂

Untuk ‘shell’ nya si Macaron, biar mengkilap bagus itu bisa disimpan di Lemari pendingin terlebih dahulu. Baru di sajikan.

macarons aidistyleshop

Dan Macaron yang berhasil cirinya ada pada ‘kaki’ nya. Harus keluar kaki nya, bukan asal mulus mengembang saja 🙂

Untuk mendapatkan ‘kaki’ ini lah yang penuh trik 🙂
Salah satu nya, Oven yang digunakan. Untuk hasil yang maximal, gunakan Oven Convection. Oven ini ada kipas angin nya di dalam nya 🙂