Ayam Goreng Bawang Putih

ayam goreng bawang putih aidistyleshop

Kirain nggak ada yang tertarik 😀
Makanya silahkan tinggalkan komentar jika mau resepnya, tapi yang sopan ya. Jangan nodong ^_^
Ini cuma menu Ayam biasa, Ayam Goreng biasa. Yang beda cuma bahan memasak nya. Hanya ditambah Bawang Putih yang di geprek 😀
Di geprek nya sekalian sama kulitnya ya..tapi cuci dulu, biar bersih. Trus di keringkan biar nggak kena air 😉
Biasanya aku makan gorengan yang ada Bawang Putih goreng nya itu kalau lagi makan Penyetan Belut di salah satu rumah makan terkenal yang terkenal dengan olahan Belutnya. Nah disana itu mereka kalau menyajikan penyetan Belut pasti ada Bawang Putih Geprek yang di goreng, masih dengan kulit nya. Hanya di geprek, bukan dihaluskan. Dan di goreng nya lumayan kering. Jadi renyah gitu ^_^

Sekarang..kalau nggak ada belut, kita bisa ganti pakai Ayam 😉
Kebetulan aku udah coba resep dari blog JTT, tau kan blog JTT ^^ Nggak perlu diragukan lagi lah resep nya, buruan di baca deh ^^ Kalau ada bahan yang kurang lengkap di rumah, nggak papa di lewati aja. Kalau masak kan nggak terlalu harus mirip resepnya kayak bikin kue ^^ selamat mencoba 😉

Ayam Goreng Bawang Putih JTT
Source : JTT (Just Try & Taste) – Resep hasil modifikasi sendiri
Untuk 1 ekor ayam
Bahan:
– 1 ekor ayam kampung muda (berat sekitar 700 gram), potong kecil-kecil. Saya menggunakan ayam kampung potong yang banyak dijual di supermarket.
– 3 bongkah bawang putih, pukul-pukul dengan kayu penggilas hingga memar tetapi tidak sampai hancur
– minyak yang banyak untuk menggoreng
Bumbu haluskan:
– 8 siung bawang putih
– 3 siung bawang merah
– 2 sendok teh ketumbar sangrai
– 2 ruas kunyit
– 1 sendok teh jahe parut

Bumbu lainnya:
– 1 sendok teh maizena

– 1 sendok makan saus tiram
– 1 sendok teh garam
– 2 sendok teh baking powder
Cara membuat:
Siapkan ayam, bubuhi dengan perasan air jeruk nipis dari 1/2 buah jeruk + 2 sendok teh garam, remas-remas. Biarkan selama 15 menit, cuci bersih dan tiriskan.

Siapkan mangkuk, masukkan semua bumbu halus, tepung maizena, garam, baking powder dan saus tiram, aduk hingga rata. Masukkan ayam, aduk rata dengan spatula. Diamkan selama 20 menit hingga bumbu meresap.

Siapkan bawang putih yang telah dipukul-pukul hingga sebagian bawang terlepas dari kulitnya dan memar, tetapi jangan sampai hancur ya. Beri 1/2 sendok teh garam, taburi hingga rata.

Siapkan wajan (anti lengket lebih baik), tuangkan minyak yang banyak.  Panaskan minyak hingga benar-benar panas. Masukkan bawang putih dan goreng bawang putih hingga matang dan crispy, angkat dan tiriskan. Kita akan menggunakan minyak bekas menggoreng bawang untuk menggoreng ayam.

Goreng ayam hingga seluruh permukaannya terendam minyak dan ayam berwarna coklat keemasan, balikkan ayam dan goreng sebelahnya lagi hingga matang. Jika minyak kurang banyak, goreng ayam dalam 2 atau 3 tahap. Angkat ayam dan tiriskan.

Siapkan piring, alasi dengan tissue dapur. Letakkan ayam di atasnya dan taburi dengan bawang putih. Santap selagi ayam masih panas karena ketika telah mendingin ayam menjadi kurang crispy.Super yummy!

Iklan

One thought on “Ayam Goreng Bawang Putih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s