DASAR – DASAR KUE TART

aidistyleshop

Selamat malam πŸ™‚
Inilah hasil minggu pertama AiDiStyleshops kembali ke kampus. Baru minggu pertama sudah dikejutkan dengan materi di Triwulan akhir perkuliahan. Lebih ke Cake Decoration. Dari 5 hari kuliah, berikut ini yang bisa Aidi rangkum.. tidak terlalu banyak, yang mau bertanya Silahkan. Kita sharing sama sama πŸ™‚

Base Cake (Dasar Cake) untuk Kue Tart.

Paling banyak yang kita gunakan adalah cake dengan tipe Sponge dan Buttercake.
Sponge Cake cirinya, untuk adonan yang pertama dikocok Gula dan Telur. Dikocok sampai Soft Peak (kental berjejak). Cirinya, adonan akan berwarna putih dan sangat kental sekali. Ketika mixer dimatikan dan sedikit diangkat maka adonan akan menetes secara perlahan. Bener bener kental ya πŸ™‚
Pengocokan telur dan gula ini supaya kental harus menggunakan Kecepatan Tinggi. Lalu masukkan terigu, terigu ini dimasukkan secara bertahap. Gunakan Kecepatan Rendah. Lalu masukkan mentega / minyak. Bisa menggunakan kecepatan rendah atau diaduk lipat saja.

Dasar cake ke 2 adalah Buttercake, cake ini lebih padat dibanding Sponge. Cirinya, yang dikocok pertama adalah Mentega dan Gula.

Mau menggunakan buttercake atau sponge, itu sesuaikan dengan selera masing masing ya πŸ™‚

Roll Cake
Roll Cake nya ini selembut Bolu Gulung Meranti yang terkenal itu. Kunci utama nya Roll Cake yang lembut bukan pada pemakaian Cake Emulsifier yang banyak. Tapi pemakaian jumlah kuning telur & tekhnik Pengocokan yang Pas. Harus sampai kaku, adonan tidak menetes ketika whisker diangkat πŸ™‚
Menggulung nya usahakan sepadat mungkin supaya gulungan tidak lepas, menggulung nya selagi masih Panas.
Untuk warna Cake nya sendiri, gunakan Pasta yang berkualitas bagus. Jadi warna dan rasa nya itu pas.
Memanggang Roll Cake ini harus pas suhu dan waktunya, jika kurang waktunya maka permukaan atas Roll Cake kurang Kering. Sehingga lengket di kertas roti saat digulung. Jika waktu memanggang terlalu lama, tekstur permukaan kulit Roll Cake nya akan ber-motif seperti Tiger Roll Cake. Jadi perhatikan baik-baik proses pemanggangan nya. Kenali oven masing-masing

Fruit Cake
Ini yang paling mudah bikin nya dan ngehiasnya.
Pinggiran nya pakai Kacag Mede (mente) yang di oven dulu, lalu di chop. Lau ditaburkan di pinggiran cake yang sudah di cover dengan Vla khusus ^^ Buah nya biar mengkilap bisa di kuas atau dilapisi dengan Apricot Jam dulu. Bagian dalam Cake di bagi menjadi 3 lapis, tiap lapisan diberi Strawberry Jam ^^ Jangan lupa, setelah cake dibagi menjadi beberapa bagian, tiap lapisan di beri sedikit cipratan Simple syrup supaya cake bisa lembap dan lembut ketika dimakan. Lalu lanjutkan dengan memberi filling.

Untuk cake dengan metode pengocokan ALL IN ONE (Semua bahan dikocok jadi satu).
Dari dulu suka heran sama cake yg pembuatan nya pakai metode All in One (bahan di kocok jadi satu semua). Heran nya karna ga semua orang berhasil pakai metode itu. Ada yg bantat, cakenya cekung, ambles dll. Ternyata itu Wajar..Wajar jika bahan utamanya hanyaPutih Telur. Karna memang tidak direkomendasikan.
Metode pembuatan cake yg All In One (semua bahan dikocok jadi satu) itu lebih cocok untuk Muffin dan Brownies Panggang. Muffin yaa…BUKAN CUPCAKE. Brownies pun Brownies panggang..BUKAN BROWNIES KUKUS ALIAS CAKE COKELAT KUKUS.
Brownies Kukus (cake kukus di cokelat-in -_-) itu bisa saja pengocokan nya semua bahan langsung dijadiin satu. Asalkaaaan MIXER NYA yang besar. Seperti mixer heavt duty. Bukan standing mixer apalagi Hand mixer.

Kalau mau Cake nya mudah dilepas..cobain deh :
Loyang nya dioles tipis dulu dengan White Margarin (Margarin Putih) lalu bagian bawah loyang (bagian dalam ya) dilapisi dengan Kertas Roti. Lalu Kertas Roti nya di oles tipis lagi dgn White Margarin. Jangan lupa pinggir loyang juga dikasih White Margarin. Lalu di Dusting dengan Tepung (ditabur Tepung tipis tipis sampai rata). Jadi hasil Cake setelah keluar dari loyang itu bagus.

Dan Cake yang sudah di oven jangan sampai tutup oven nya dibuka-tutup. Sponge Cake sendiri awalnya di Oven 25-35 menit. Lebih dari itu resikonya Cake akan terlalu kering.

Ada sedikit catatan..Meski kadang udah ngikutin sesuai resep atau spt yang ku saranin, tapi masih gagal mendapat adonan Soft Peak..berarti cek Mixernya. Mixer nya yang bagus yang kecepatan nya juga bagus dan Stabil. Karna itu mempengaruhi hasil Cake kita. Tapi bukan berarti Harus / Wajib beli mixer bagus. Jangan terlalu memaksakan, lihat isi dompet dulu πŸ™‚

Jangan salah menyebut nama 2 bahan ini. Bahkan ada yang bingung ketika di resep tertulis nama 2 bahan ini.
Ketika menyebut WHIPPED CREAM, Itu berarti Cream yang sudah DIKOCOK KAKU.
Tetapi jika menyebut WHIPPING CREAM, Itu berarti Cream nya masih berupa cream yang encer. Beda penulisan beda arti.

Ada yang mau menambahkan atau bertanya ? πŸ˜€

Note :
– No Resep
– Nama Merk bahan-bahan yang dipergunakan di kampus TIDAK BISA DI SHARE UNTUK UMUM

terima kasih πŸ™‚
-AiDiStyleshop-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s