Danish Butter Cookies

aidistyleshop

halloo ^^

hari ini hari ke 2 Aidi bikin Kukis (kue kering) untuk lebaran nanti ^^ Nah karna aku masih awam di dunia per-baking-an, makanya bikin Kukis nya yang simple aja dulu, yang sekira nya bahan nya ekonomis ^_^ dan lagii, sekalian belajar menaklukan Otang (Oen Tangkring). Selama ini biasa pakai Oven Listrik, kalau dikampus pakai Oven gas. Jadi udah waktunya belajar pakai Otang. Daaan sore ini berhasil menaklukan si Otang πŸ˜€
Puas banget memanggang kukis pakai Oven Tangkring yang ‘jadul’ gitu. Sekali manggang ga pakai acara nunggu, langsung bisa ke oven semua 1 adonan ^^ hasilnya juga memuaskan, lama memanggang nya juga lebih cepat πŸ˜€
Kali ini yang jadi percobaan ku adalah Butter Cookies, ala Monde gitu wkwkwkwk πŸ˜€ Pakai spuit bintang yang 2 ribuan aja. Alhamdulillah berhasil.. Yuk, yang mau coba, simak baik baik resepnya ^^

aidistyleshop

Danish Butter Cookies (kukis Monde)
Source : Rina A Laurence & KalisKukis’s blog.

Bahan:
80 gr mentega tawar
120 gr mentega (atau margarine)
100 gr gula halus (boleh ditambah sampai 130gr jika suka manis)
300 gr tepung protein rendah (Kunci Biru)
1 butir telur ukuran sedang
1 sdt vanilla extract
6 sdm tidak munjung susu bubuk full cream

Cara membuat:
– campurkan susu ke dalam tepung, aduk rata.
– kocok mentega dan gula sampai jadi butter cream lembut dengan speed dari pelan ke cepat secara bertahap, tambahkan telur dan kocok sebentar saja supaya tercampur.
– masukkan tepung sedikit-sedikit sampai habis dan vanilla, mixer dengan speed rendah sampai adonan tercampur rata
– masukkan dalam pelastik segi tiga dengan spuit, cetak di loyang yang sudah diolesi mentega.
– panggang sampai berwarna keemasan merata di oven bersuhu 180Β°C yang sudah dipanaskan terlebih dulu / otang dengan api agak besar
– tunggu sampai dingin barulah dilepas dari loyang dan disusun bertumpuk dalam kertas cupcake/kertas bolkus dan tata dalam toples kedap udara.

Jadi sekitar 70 cookies

Notes:
– semua bahan HARUS dalam suhu ruang, tidak boleh ada yang beku atau dingin.
– panaskan oven sebelum memanggang
– silahkan berkreasi dengan bentuk menggunakan aneka spuit atau cetakan cookies
– bisa diberi campuran kismis atau chocochips untuk variasi rasa dan ditabur gula pasir.
– boleh dibuat dengan 100% mentega tawar atau 100% mentega gurih.
– beda merek butter/margarine dan susu tentu mempengaruhi rasa, maka secara logika jangan harap ini 100% rasanya seperti mond* karena bahan yang mereka gunakan belum tentu sama dengan stok di rumah mbak semua. Bisa jadi lebih enak dari mond* dan bisa juga hampir mirip rasanya karena ini resep klasik rumahan.

Ingat:
BEDA ORANG PASTI BEDA SELERA, maka kreatiflah untuk memodifikasi takaran dalam resep hingga didapatkan rasa yang pas dengan selera Anda, karena yang enak buat saya belum tentu Anda juga suka

Tambahan dari Aidi ^^ :

– Tepung nya ku sangrai terlebih dahulu, supaya lebih renyah kukisnya.
– Aku tadi pakai Full Margarin
– Memanggang dengan otang tadi memerlukan waktu sekitar 25-30 menit saja. Aku langsung pakai 2 loyang sekaligus, yang ku pakai Rak Tengah dana Rak paling atas ketika memanggang.
– Setelah 15 menit pertama memanggang, loyang ku balik. Yang atas diturunin ke rak tengah. Yang tengah diganti ke atas.
– Selama mengocok Gula halus dan Margarin, hanya ku mixer selama 1-2 menit saja.
– Telur yang ku pakai 2 biji, jadi adonan lebih mudah ku spuit tadi.
– Setelah semua adonan di campur jadi 1, adonan ku istirahat kan 15 menitan di Kulkas (chiller), supaya adonan kukis ku aman, Tidak melebar bentuk nya ketika di oven karna proses pengulenan yang menurut ku tidak sebentar.
– Loyang hanya ku poles margarin tipis tipis. Ketika Kukis nya sudah dingin, kukisnya bisa mudah lepas sendiri dari loyang nya ^^
– Kukis itu jika sudah matang, waktu dipegang awalnya memang empuk seperti belum matang. Tapi kalau sudah dikeluarkan dari oven, lama lama si kukis akan mengeras dengan sendirinya. Jika kelamaan mengoven nanti si Kukis keras ^^

Selamat mencoba, Goodluck πŸ˜‰

aidistyleshop

Green Tea Cookies (Kukis Semprit Green Tea)

kukis aidistyleshop

Selamat malam πŸ™‚

Sebelumnya terima kasih buat Kak Yana. Resep nya recommended sekali ^^
Jadi hari ini tiba-tiba pengeen banget bikin Kukis meskipun aku paling sebel kalau disuruh bikin kukis -_- Iseng jalan jalan ke grup, tau tau ketemu Kue Semprit cantik. Resep dari Kak Yana, tapi namanya aku..kue semprit nya ga mau ku cetak pakai Spuit. Ga mau repot :p Jadi ambil cookies cutter nya Kastengel. lalu cetak deh ^^ Beres.. Oven, dinginin, kemas di toples, simpan πŸ™‚

aidistyleshop

Karna ada beberapa bahan yang ku ganti, jadi sempat ku tambah Bubuk Green Tea, jadi lah namanya Greentea cookies kalau siap dijual di toko ku nanti πŸ˜€ Kukis ini Tanpa Telur tapi reeeenyaah lembut sekali, ga pake dikunyah bisa kok :p Yukk dicoba ^^

aidistyleshop

Semprit Susu by Kak Yana

Bahan:

250 gr mentega (aku tadi pakai mentega dan margarin)
110 gr gula halus
110 gr tepung maizena (aku tadi hanya pakai 60 gram, sisanya pakai tepung custard semua + sedikit bubuk green tea)
110 gr tepung custard
150 gr tepung terigu(lebih baik di sangai dulu)
Vanili ,pewarna dan coklat chip

Cara:
1.Mikser gula dan mentega sebentar saja,asal rata (jangan kelamaan ngemixer, cukup 1-2 menit saja. Jika lebih dari itu nanti kukis nya akan melebar saat dioven)
2.Masukkan semua ketiga jenis tepung dan vanili,aduk rata dan tambahkan pewarna (Warna asli dari postingan kak yana yaitu kuning ,hijau dan pink)
3.Cetak dengan menggunakan spuit di mulai dengan warna kuning,hijau dan pink. (punya ku di cetak pakai cetakan kastengel)
4.Panggang sampai matang dengan suhu 150 derajat celcius sekitar 15-20 menit (kenali oven masing masing ya)
5. Sajikan ^^

NOTES :
– Tepung nya usahakan di sangari terlebih dahulu (usahakan pakai Kunci biru. Jika tidak ada boleh pakai segitiga)
– Setelah adonan di uleni jadi satu dan masing masing diberi warna, istirahatkan sejenak di chiller (kulkas). Kurang lebih selama 30 menit. Adona di rest supaya saat dioven kukis tidak melebar bentuknya. Karna selama pengulenan, gesekan tangan dengan adonan yang mayoritas mentega itu akan menimbulkan Panas. Maka dari itu adonan kukis di rest terlebih dahulu.
– Adonan kukis ini jika dicetak dengan Spuit memang susah. Jika tidak sabaran, silahkan gunakan cookies cutter πŸ™‚
– untuk yang pertama kali membuat kukis, jangan kaget jika setelah pengovenan kukis selesai tapi kukis masih lembek.Tidak masalah, setelah dikeluarkan dari oven, kukis akan mengeras dengan sendirinya.
– Saat mengoven jangan terlalu berdempetan, biasa nya Ibu Ibu suka nih di dempet dempetin sesuai prinsip ekonomis u_u Jadi, usahakan diberi jarak ya antar kukis, karna di antara jarak itu nanti akan ada Panas dari oven. Kalau ga diberi jarak, nanti malah matang nya ga merat.
– Saat mengemas didalam toples, jangan di tutup kalau kukis belum dingin. Nanti cepat basi (berjamur).

Selamat mencoba, goodluck ^^

aidistyleshop

KALAP RONDO – XII IPA 2 πŸ˜‚ πŸ˜‚ ga kangen kelas dinamis ?
Ga inget dulu kita mesti dibandingin sama ipa 5 ya kalau urusan Infaq :v
Ga inget tah waktu malam B of B kita batal tampil tapi malah lanjut makan makan di lapangan sekolah πŸ˜‚ – with Nurmila, nurul, and Shofiatus

View on Path

Yang Terpilih

e57884a780c3b2161fc915274fbf6a21

HaloΒ πŸ™‚

Rasanya sudah lama tidak seperti ini, tidak merasakan perasaan seperti ini, tidak merasakan kegelisahan yang seperti ini, tidak merasakan ketakutan yang seperti ini, tidak merasakan penyesalan seperti ini. Semua terulang kembali malam ini.. Dan mungkin akan terulang lagi diwaktu mendatang πŸ™‚

Coba mengingat kembali apa saja yang sudah terjadi selama sepekan ini. Terlalu banyak.. Berbeda dari biasanya.
Pernah terbayangkan sebelum nya ini akan terjadi ? Tidak..
Pernah mengharapkan akan seperti itu ?..Juga tidak
Menyesali nya ?..Iya, sangat menyesalinya.
Tak akan ku jelaskan apa yang sudah terjadi, mungkin sudah banyak yang mengetahui nya..Mungkin yang terjadi di luar sepengetahuan ku pun Ada.

Sering kali mereka mengingatkan ‘tuk Bersyukur. Dan saat ini, cara terbaik untuk ku agar tidak terpuruk hanyalah Bersyukur.
Bukan tidak tau diri. Hanya bersyukur. Akan ku jelas kan apa yang ku syukuri malam ini πŸ™‚

1 yang paling ku syukuri adalah hikmah dari permasalahan permasalahan saat itu.
Seperti biasa, mungkin aku bukan seseorang yang religius, bukan juga seseorang yang baik. Tapi Tuhan masih memberi ku begitu banyak kebaikan.. Salah satu nya, menunjukkan siapa yang benar benar Teman dan siapa yang Bukan.
Tidak ada yang namanya Musuh untuk ku. Jangan tanya kan apa sebutan yang pantas untuk mereka, aku tidak mempunyai sebutan khusus untuk mereka. Mungkin..semua nya sama. Teman..
Tetapi hanya ada beberapa yang mungkin benar-benar Teman.
Aku tetap menganggap mereka Teman, tapi.. hati ku juga tidak bisa berbohong. Ada kecewa.. Berulang kali mencoba meyakinkan kebenaran nya, dan memang itu benar ada. Kecewa. Sedih ..

Terkadang aku berpikir Aku Salah.. Salah jika sampai aku merasa Kecewa. Tidak pantas jika aku merasa Sedih.
Aku slalu bilang pada diri sendiri, Hidup itu Pilihan. Apapun yang terjadi..itu bagian dari Pilihan. Ada yang menentukan nya. Kita..hanya Yang Terpilih.
Termasuk seperti situasi sekarang.. Aku yang Terpilih untuk berada di situasi seperti ini. Aku tidak pernah menginginkan nya, sama sekali…
Jika bisa menghindari, aku mau melakukan nya..
Jika bisa mengulang kembali waktu, aku mau..
Jika bisa memilih, Aku ingin memilih apa yang Ku Mau dalam hidup ku. Semua nya..

Aku tidak pernah mau mencari tau apa yang Aku takutkan. Apapun itu.. Aku slalu memilih untuk membiarkan saja. Termasuk ketika aku mulai berpikir aku kehilangan beberapa Teman. Aku tidak mencari tahu nya..sama sekali. Aku slalu berpikir, mungkin mereka sibuk.
Tapi.. saat Β itu juga, Tuhan memberi ku jawaban atas ketakutan ku. Dan jawaban itu benar, aku memang kehilangan Teman.
Aku tidak mencari tahu, tapi Tuhan yang menunjuk kan ku.. dan..
untuk pertama kali nya.. Aku hanya bisa mengatakan Tidak apa apa. Mmeang seharusnya Tidak apa-apa, Aidi..
Setidaknya aku harus membuat diri ku sendiri merasa Tidak apa-apa. Tidak masalah..

Tahu tidak bagaimana cara ku membuat diri ku baik baik saja ?..

hanya dengan satu cara. Memposisikan diri ku sebagai mereka. Tidak sebagai diri ku sendiri..
Meski aku tidak sepenuhnya bisa merasakan semua yang mereka rasakan, setidak nya aku mulai mengerti sedikit bagaimana rasanya jika berada pada posisi mereka. Yang aku mengerti salah satunya, jika menjadi mereka pasti yang mereka mau adalah Yang Terbaik untuk ketenangan hidupnya. Untuk masa depan nya.. Dan untuk itu semua, mereka berhak memilih. Memilih untuk pergi. Aku mengerti.

Aku mengerti..tapi aku menangis. Aku memilih bersembunyi. Sejujurnya saat itu rasanya takut.. luar biasa takut.

Untuk bisa berpikir jernih pun tidak bisa. Banyak sekali yang marah saat itu, tapi aku..jauh lebih marah dengan diri ku sendiri. Aku jauh lebih kecewa dengan diri ku sendiri. Aku jauh lebih menyesal..

Aku minta maaf.. untuk yang tak bisa ku sebut kan satu per satu..

Terima kasih…juga untuk yang tak bisa ku sebut satu per satu.

90626acdad354bf4368758bfdd3cdc35

Goodnight πŸ™‚

Kue Ku Fancy

kue ku aidistyleshop

Selamat malam ^_^ Weekend kali ini aku bikin Kue Ku alias Kue Tok alias Ang Ku Kueh atauuu Kue Kura Kura πŸ˜€
Udah sejak lama pengen Kue Ku bentuk gini, udah nyicil beli cetakan nya juga, trus beli bahan untuk filling nya juga. Kebetulan bahan Kulitnya aku udah ada stok dirumah ^^ Daaaan akhirnya hari ini kesampaian juga bikin :p
Masih perlu banyak berlatih lagi nih biar time management nya bagus :v

Kelihatan nya rumit ya ? Sama sekali enggak kok ^^ Simple, mudah sekali bikin nya πŸ˜‰ Yuk dicobaa πŸ™‚

Kue Ku (Kue Tok)

Bahan Kulit :
300 gram Tepung Ketan
100 gram Gula Halus (takaran gula bisa disesuaikan dengan selera masing masing)
270 ml Air hangat (air nya bisa lebih atau kurang, bisa diganti santan atau susu)
Beberapa pewarna makanan yang sudah Food Grade

Cara :
CampurTepung ketan dan gula halus hingga rata. lalu tuangkan air sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipulung (dibentuk).
Bagi adonan menjadi beberapa bagian, lalu tambahkan pewarna sesuai kebutuhan dan selera. Sisihkan.

Bahan Isian :
150 gram Kacang Hijau kupas
70 gram Gula pasir (ini bisa disesuaikan dengan selera masing masing)

Cara membuat :
Rebus kacang hijau hingga empuk.
Tiriskan air nya.
Diginkan sebentar lalu haluskan kacang hijau, tambahkan gula pasir. Aduk rata. Simpan di freezer 10-15 menitan hingga kacang hijau sedikit set (kesat dan bisa dipulung).
Sisihkan.

Penyelesaian :
Ambil sedikit adonan kulit, Bulatkan, lalu pipihkan.
Beri bahan isian, jangan terlalu banyak.
Lalu bulatkan kembali, dan cetak pada cetakan Kue Ku yang sudah disiapkan.
Kukus dengan api sedang selama 12-15 menit.
Lalu keluarkan dari kukusan, langsung olesi Kue Ku yang sudah matang dengan Minyak Goreng.

Notes :
Sebelum di cetak, lebih baik cetakan di olesi dengan Minyak Goreng.
Saat mengukus, setiap 2 menit sekali tutup kukusan harus dibuka supaya motif Kue Ku tidak hilang.
Jika memang tidak sempat membeli cetakan Kue Ku, bisa dicetak dengan cetakan Agar – Agar. Jangan lupa dioles dengan Minyak Goreng terlebih dahulu cetakan nya.

Selamat mencoba, goodluck πŸ˜‰

kue tok aidistyleshop

Brownies Kukus TARO

brownies aidistyleshop

Brownies Taro πŸ™‚

Beberapa waktu yang lalu aku cobain resep Brownies Kukus yang lagi booming, simple loh bikin nya Tanpa Oven Tanpa Mixer. Namanya sih Brownies Milo. Tapi berhubung dirumah orang orang kurang suka sama Cokelat, akhirnya ku ganti pakai Bubuk Taro. Dan ternyata hasilnya enak bangeeett, warna nya juga cantik. Ungu nya Cantiikk ^^ Simple bikin nya πŸ™‚

Brownies Milo
Resep By : Yulinda yulen

~ 200 gr tepung terigu
~ 250 gr gula pasir
~3 sdM coklat bubuk (cokelat nya ku ganti bubuk Taro)
~ 1 sachet MILO + air hangat 200 ml (aku ga pakai Milo, pakai air 200 ml saja)
~150 ml minyak goreng
~ 2 telur
~ 1 sdt soda kue
~ 1/2 sdt garam

CARA MEMBUAT :
Kocok telur + gula pasir sampai larut secara manual pake wishker, tambahkan terigu, coklat (taro) bubuk, air, garam dan soda kue, aduk rata sampai tercampur semua
Terakhir masukkan minyak goreng, aduk rata pastikan tercampur semua
Tuang dalam cetakan
Kukus pake api sedang Β± 15 menit
angkat dan dinginkan ^^

Simple kan ^^ Selamat mencoba, goodluck ya πŸ™‚

Donat Kentang NCC

donat-aidistyleshop

Halooo ^_^ Setelah lama nggak nulis nulis lagi, sekarang aku kembali ^^
Kebetulan kali ini yang mau aku ceritain adalah Donat kentang ku πŸ˜€ Mungkin untuk kebanyakan orang, membuat Donat itu mudah. Bahkan ada yang sampai udah sukses jualan Donat. Sedangkan untuk aku, harus gagal lebih dari 15 kali ^^
Udah nyobain sih resep resep yang direkomendasikan, udah nyobain pake si Bosch juga, tapi belum bisa juga bikin Donat πŸ˜€

Kebetulan liburan kemarin ada Noona ke rumah ^^ Diajakin bikin Donat Kentang. Awal nya sih sama sama takut, karna Noona sendiri juga gagal bikin DonKen ^^ Tapi modal nekat aja, malah nggak sempat ngecek Ragi ku masih aktif atau enggak πŸ˜€ Tapi ya udah, tetep lanjut bikin DonKen nya πŸ˜€

Kita bikin DonKen pakai 1 resep (1/2 kg tepung). Jadinya kira kira 12 donat, ukuran nya besar, gembul sekali DonKen ku ^^ Waktu di proofing itu si DonKen nggak mau ngembang, padahal udah 1 jam 😦 Tapi kita berdua nekat aja menggoreng si DonKen. Dan ternyata kita malah dikejutkan dengan ukuran si DonKen waktu digoreng πŸ˜€ Ukuran nya besar bangeeet >< Gembull banget, kenyang deh makan 1 DonKen doang ><

Karna udah mepet dengan waktu Maghrib, akhirnya kita ngasih topping nya terburu buru. Tapi masih bagus kok :p
Kita kasih topping nya dari Cokelat Putih yang dilelehin trus di tambah meises aneka warna, chococrunch, remukan Oreo, dan Gula Merah ^^ Yang paling TOP adalah si DonKen yang dicelup ke Gula Merah πŸ˜‰ Yummmmyyy ><
Yang mau nyoba bikin DonKen, silahkan di simak baik baik resep nya ya πŸ˜‰

DONAT KENTANG NCC

By Fatmah Bahalwan

Bahan:

500 gr tepung terigu protein tinggi

50 gr susu bubuk

11 gr ragi instant

200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan

100 gr gula pasir

75 gr mentega

Β½ sdt garam

4 btr kuning telur

100 ml air dingin

Cara membuat :

Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ