Mie Telor Homemade (Spaghetti – Fetuccini Super KW)

aidi's

Selamat malam ^_^
Sore tadi aku bikin Mie Telor Homemade.. Entah udah ke berapa kalinya. Abisnya suka banget sama Mie ^^ Dan karna seseorang juga, makanya disuruh bikin mie yang tanpa pengawet atau aneka ‘obat obatan’. Oke lah, ku terima. Sore tadi ku bikin lagi Mie Telur homemade, lebih higienis, lebih mudah disesuaikan dengan selera kita, dan lebih hemat ^^ Ga lama kok bikin nya πŸ™‚

Selama ini bikin Mie sih gitu gitu aja, kendala nya Mie nya lengket sewaktu di rebus, padahal sudah diberi taburan tepung. Ke dua, time management nya yang belum benar. Dan masih banyak lagi lain nya..

Nah kali ini, aku bikin adonan Mie nya simple aja. Cukup Tepung Cakra + Telur, sama sedikit air. Trus diuleni sebentar.
Nah setelah di uleni, aku siapin loyang besar untuk naruh mie nya nanti, ku taburi terigu dulu..

Mulai deh aku menggiling adonan mie nya sedikit demi sedikit. Untuk menggiling adonan mie nya aku dapat inspirasi setelah lihat koleksi foto adonan Cheese Stikck nya tante Carolina Maya ^^ Aku pikir mungkin aku harus menggiling dulu adonan nya sampai ketabalan yang di inginkan, trus ku sisihkan. Ku selesaikan saja semua.. Ga lupa juga adonan mie yang sudah mulus seperti Kulit Molen itu ku taburi tepung yang agak banyak..Setelah selesai semua adonan, udah mulus seperti sehelai Kain, ku siapin air untuk merebus mie.

Nah saat air rebusan nya sudah cukup panas, adonan mie yang seperti sehelai kain tadi ku giling pakai cetakan yang ku mau..
Jadi setelah selesai menggiling 1 adonan, langsung masuk di air rebusan πŸ˜€
Jadi adonan mie nya ga ada yang lengket satu sama lain ^^

resep nya cukup :

250 gram tepung Cakra
2 butir Telur utuh
Air secukupnya.

Cara :
Campur tepung dengan telur. Uleni hingga menggumpal, jika adonan terlalu kering tambahkan air sedikit demi sedikit. Tidak perlu banyak, cukup sampai adonan nya menggumpal dan bisa di bentuk. (hampir kalis).

Lalu ambil sedikit adonan, dan mulai giling dengan Cetakan Mie / Pasta Maker πŸ™‚

Tips nya :

Air rebusan harus sudah siap ketika Adonan sudah selesai digiling dan di cetak.
Saat merebus mie, gunakan api sedang dan tambahkan sedikit minyak supaya mie nya tidak lengket.
Saat merebus mie, usahakan mie nya di aduk aduk menggunakan garpu agar tidak lengket satu sama lain.
Jangan pelit terigu sebagai taburan adonan Mie yang akan di giling dan di cetak ^^

Jika ingin memberi warna untuk adonan Mie nya cukup ganti saja air dengan Jus Sawi / Jus Wortel / Jus Buah Naga,dll.
Dalam hal ini bukan jus seperti yang kita minum, cukup diambil sari / air dari sayuran yang kita pakai ^^

Meski tanpa pengenyal, Mie ini tetap kenyal. Kuncinya, harus telaten saat menggiling adonan Mie sebelum dicetak πŸ™‚

Karna Mie Telor ini tanpa bahan pengawet, di sarankan untuk segera di konsumsi di hari yang sama. Kalau aku, tadi ada sebagian mie yang sudah direbus ku tiriskan sampai kering. Ku masukkan do wadah tertutup, lalu ku simpan di freezer untuk di olah besok πŸ™‚

Oiya, mie nya yang sudah di rebus bisa loh di olah jadi aneka hidangan mie yang kita mau. Merebus nya tidak perlu lama lama ya, supaya tidak terlalu lembek. Tapi ini tergantung selera juga sih πŸ˜€

CYMERA_20150330_183702

Ada yang mau menambahkan tips / pertanyaan ? Yuk sharing disini ^_^

CYMERA_20150330_193228

CYMERA_20150330_184700

Keliatan yummy kan setelah di olah jadi Hokkian Noodle ala Chinese food ^_^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s