Puding Lumut Biskuit

Kepincut juga buat bikin puding-pudinganπŸ˜‚ Lumayan, buat takjil dirumah.

Puding Lumut Biskuit
By : @aidistyleshop
Source : Tintin Rayner

Bahan :

– 2 bungkus Agar Swalow bening
– 350 gr Gula Pasir
– 1/2 sdt Garam
– 250 cc Santan Kental (boleh Kara)
– 200 cc Jus Pandan (20 lembar daun pandan+air blender,saring)
**Bisa pake Pasta Pandan 1,5 sdt
– 1200 cc Air
– 3 butir telur ayam kocok lepas
– 1 sdt Esens Vanilli

Bahan Puding COKELAT :

– 2 bungkus Agar Swalow bening
– 1/2 kaleng SKM coklat
– 3 sdm Bubuk Coklat
– sesuai selera Gula Pasir
– 1400 cc Air

Langkah :

– Kocok lepas telur pakai garpu,campurkan semua bahan untuk puding lumut dalam 1 panci aja,rebus dengan api sedang+sesekali diaduk.Setelah mendidih kecilkan api sambil menunggu ‘lumut’ terbentuk dengan sendirinya yaa.
– Lalu tuang ke cetakan pudingnya.
– Lalu puding cokelat : Rebus semua bahan sampe mendidih,tuang di atas puding lumut setelah lapisan puding lumut mulai berkulit.
– Diamkan sampai mengeras,masukkan kulkas,dinikmati keesokan hari semakin nikmattt.

Selamat Mencoba πŸ™

Iklan

Bandeng Presto

Ini bandeng presto ter-enakπŸ‘Œ Lama nya memasak memang cenderung berbeda beda, dan harus sabar. Oh ya, ini membuat nya tanpa Sarangan dari presto nya. Alhamdulillah tidak hancurπŸ‘Œ

Bandeng Presto
Recook : @aidistyleshop
Source : JTT

Bahan:

– 10 ekor ikan bandeng + 2 sendok makan garam + 2 butir jeruk nipis

Bumbu Iris :

– 2 bongkah besar lengkuas, rajang tipis
– 20 lembar daun salam
– 1 lembar daun pandan, potong-potong sepanjang 2 cm
– 3 batang kunyit, iris tipis
– 4 batang serai, ambil bagian putihnya dan iris tipis
– 10 lembar daun jeruk, robek kasar

– 2 liter air

– 3 sendok makan air asam jawa
– daun pisang untuk mengalas panci

Bumbu yang dihaluskan (blender dengan 150 ml air):
– 1 bongkah bawang putih (+ 8 siung bawang putih)
– 6 butir bawang merah
– 4 cm kunyit

– 3 cm jahe
– 2 sendok makan ketumbar, sangrai
– 1 sendok makan garam

Cara Membuat :

– siapkan presto.
– tata daun pisang di dalam presto.
– tata sebagian bumbu iris.
– letakkan bandeng.
– tambahkan sisa bumbu iris.
– masukkan bumbu halus.
– tambahkan air hingga bandeng terendam semua.
– masak kurang lebih 1,5 jam.
– setelah matang, biarkan bandeng di dalam presto sampai benar benar dingin supaya daging nya padat dan tidak hancur ketika diangkat.

Selamat mencoba πŸ‘Œ

Puding Mutiara Pandan

Tanggal tua tetap bisa bikin dessert untuk keluarga kok, bikin aja pudding karna termasuk mudah, murah dan enak, apalagi disajikan dingin + vlaπŸ˜‰

Puding Mutiara Pandan
By : @aidistyleshop

Bahan :
– 100 gr mutiara hijau yang sudah dimasak
– 7 gr agar agar plain
– 7 gr jelly bubuk plain
– 130 gr gula pasir
– 900 ml air
– 300 ml susu UHT coconut
– pasta pandan secukupnya

Cara Membuat :
– Siapkan wadah, masukkan gula, jelly bubuk dan agar agar bubuk. Aduk rata.
– Masukkan air. Aduk rata semua.
– Masak hingga mendidih.
– Siapkan cetakan puding. Lalu tata mutiara di dalamnya.
– Tuangkan pudding sedikit saja (sampai seluruh mutiara tertutupi). Biarkan puding set.
– Masukkan susu cair ke adonan puding, lalu panaskan sebentar.
– Bagi menjadi beberapa warna.
– Tuangkan ke puding yang sudah set.
– Ulangi hingga semua adonan puding habis. Sajikan.

Selamat mencoba πŸ‘Œ

Sate Klopo Ondomohen Surabaya

26733668_747532102109136_7606355222796900780_n

Pagi-pagi kepengen NyateπŸ˜ƒ
Nggak pake lama langsung deh ke Sate Klopo OndomohenπŸ˜„

26804527_747532222109124_7321562718790794662_n

Ini salah satu tempat kuliner yang cukup terkenal di Surabaya. Baru jam setengah 7 pagi udah mulai rame orang berdatangan.Β 
Ai sendiri pilih Sate Ayam, beli seporsi isi 10 tusuk sate.
Seporsi sudah lengkap sama Nasi nya ya. Dan sate ini isinya full daging 😍

26239509_747532128775800_2273501504702307899_n26231572_747532165442463_1773682561859731558_n

Tapiii, kalau yang selera nya Nasi yang punel, seperti nya akan kurang cocok dengan Nasi nya disini. Apalagi kalau dibawa pulang. Lebih aman pilih Lontong dehπŸ˜€

26238923_747532082109138_830672637744540155_n26734404_747532188775794_3260532159148353394_n

Sate Klopo Ondomohen :
Jl Wali Kota Mustajab, Surabaya, Jawa Timur, Telp. 62.21.5481357.
4/5.
Sate Ayam Klopo, 28K.

 

Kue Talam

dsc_0417

Meski tergolong Kue Tradisional, tetapi soal rasa tak kalah lezat nya loh dengan Kue Kue modern saat ini. Sebagai generasi muda, gak ada salah nya loh kita ikut melestarikan Kuliner Indonesia.

dsc_0422

dsc_0425

Justru disini kita bisa manfaatkan kreativitas kita dalam menyajikan Kue Tradisional agar terlihat lebih cantik dan menarik ^^ Nah AiDi menggunakan cetakan bunga matahari dan taburan nya hanya Abon Sapi saja, hiasan nya hanya irisan Cabai Merah besar. Yuk ikutan coba ^^

dsc_0414

Talam Ebi
Source : Hesti’s Kitchen
Rebaked : #aidistyleshop

Bahan I
– 150 gr tepung beras
– 45 gr tepung sagu (tapioca/kanji)
– 3/4 sdt garam
– 2 1/4 sdt gula pasir
– 800 ml santan dari satu butir kelappa
– 1 lembar daun pandan

Bahan II (masak semua sampai meletup-letup) :
– 10 gr tepung terigu
– 10 gr tepung beras
– 1/4 sdt garam
– 225 santan kental

Taburan :
– 1 buah cabe merah
– 5 buah cabe rawit, potong-potong
– 50 gr ebi, rendam air panas, tiriskan
– 3 siung bawang putih
– 1 cm kencur
– 2 lembar daun jeruk, buang tulangnya lalu iris halus
– 1/2 sdt gula pasir
– 2 sdm minyak
– 1 sdm bawang goreng, remas-remas
– daun seledri, cincang halus

Cara membuat :
– Larutkan tepung beras, tepung sagu, garam, gula, dan 200 ml santan.
– Rebus sisa santan dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih.
-Tuang ke larutan tepung beras. Aduk sampai licin. Kalau perlu saring.
– Kukus selama 10 menit dengan api sedang.
– Buka kukusan tambahkan adonan II ke atas adonan I.
– Kukus lagi selama 5 menit dengan api sedang agar tidak menggelembung.

Bahan taburan :
– blender semua bahan kecuali cabe rawit, bawang goreng dan seledri.
– Tumis semua bahan yang telah diblender sampai harum.
– Tambahkan cabe rawit, aduk sampai layu. Matikan api.
– Angkat kue talam dari kukusan. – Setelah dingin, keluarkan perlahan. Bisa menggunakan bantuan sendok.
– Taburkan bahan taburan, hias dengan daun seledri dan bawang goreng.

Tambahan dari AiDi ya :
– Kue Talam nya AiDi tahan 6-12 jam, disimpan di suhu ruang dan di chiller juga boleh.
– Semua santan yang dipakai di masak terlebih dahulu, supaya tidak mudah basi kue nya.
– Jika memakai cetakan kue plastik, cetakan nya WAJIB di olesi minyak hingga merata. Saat kue sudah mulai hangat, mudah dilepas.
– Tidak semua pakai Santan juga tidak masalah. Bisa diganti dengan SUSU cair, jumlah takaran nya sama. Jika ingin dicampur antara susu dan santan, Tolong Dihitung sendiri ya ^^
– Karna memakai cetakan bunga, hasil jadi nya 25 buah (tiap orang beda hasil itu tidak masalah, tenang saja ya ^^)

abon

Selamat mencoba, goodluck πŸ˜‰

Mie Goreng Belacan

16640903_1398856036801096_852761277883551107_n

Mie Goreng Belacan simple 🍝🍝🍝🍝🍝🍝

Bahan :

250 gr Mie Telor siap pakai
Telur Orak Arik
1 buah Wortel, iris sesuai selera
3 buah sosis, iris sesuai selera
Kubis secukup nya
Seledri, cincang kasar
1 sdm kecap asin
3 sdm kecap manis (sesuai selera)
Minyak wijen secukupnya

Bumbu Halus :
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
6 buah cabe rawit
1 buah kemiri
1 sdm ebi
2 sdt terasi bakar
.
.
.
Cara :
– Halus kan semua bahan bumbu halus hingga halus merata (termasuk ebi).
– Tumis dengan minyak wijen hingga harum
– Masukkan wortel, tumus hingga wortel empuk
– Masukkan Mie, telur, sosis dan kubis.
– Tambahkan kecap asin dan kecap manis, aduk merata.
– Tambahkan gula, garam, dan merica. Test rasanya.
– Masukkan seledri cincang, tumis sebentar.
– Sajikan.

dsc04140

Asinan Rambutan

asinan

ASINAN RAMBUTAN ala kadar nya

Bahan :
Rambutan, kupas.
1 buah Lemon
10 buah cabe rawit merah
Gula, garam secukupnya.

Cara penyajian :
– Kupas rambutan, boleh dibuang bijinya.
– Cincang cabai rawit. Masukkan ke dalam wadah yang sudah disiapkan beserta rambutan nya.
– Potong Lemon jadi 2.
– Peras 1/2 bagian lemon ke dalam wadah rambutan.
– Potong potong sisa Lemon yang belum di peras. Masukkan kendalam wadag rambutan.
– Tambahkan gula dan garam secukupnya. Tes Rasanya. Jika sudah pas, silahkan simpan di chiller (kulkas) minimal 2-3 jam.

Ini tanpa di beri air, karna setelah keluar dari Chiller nanti Asinan Rambutan nya akan mengeluarkan air sendiri. Tetapi jika ingin diberi Air, juga tidak masalah. Kembali ke selera masing masing ya

Molten Chocolate Cake (Choco Lava Cake)

dsc_0132

Rindu cake cokelat yang moisttt, dan nyoklaat banget. Apalagi hujan hujan gini, pengen nya ngunyah terus😊 Yuk dicoba yang #chocolatlovers😊

dsc_0118

MOLTEN CHOCOLATE CAKE
source : catatan-nina
rebaked : #ai_di

Bahan :
100 gr dark cooking chocolate (DCC), cincang
100 gr butter
100 gr gula pasir halus
2 butir telur utuh
2 kuning telur
85 gr tepung terigu protein sedang
15 gr coklat bubuk
margarin dan coklat bubuk secukupnya untuk cetakan
gula halus untuk dusting

16730093_584502561745425_6881300014839694867_n

Cara Membuat :
1. Oles cetakan / ramekin dengan margarin, simpan dalam kulkas hingga membeku, oles lagi dengan margarin dan taburi coklat bubuk. Sisihkan.
2. Tim DCC dan butter hingga leleh. Sisihkan.
3. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental kemudian masukkan tepung terigu dan coklat bubuk sambil diayak. Kocok dengan kecepatan rendah atau aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
4. Masukkan campuran coklat dan butter dalam 3 tahap. Aduk hingga tercampur rata.
5. Tuang ke dalam cetakan / ramekin hingga penuh dan simpan dalam kulkas minimal selama 20 menit.
6. Panaskan oven 200’C, panggang adonan selama 10-12 menit (saya 14 menit) hingga bagian atasnya set dan membentuk crust serta bagian tepi mulai menjauh dari cetakan. Angkat dan biarkan selama 1-2 menit.
7. Siapkan piring saji, balikkan cake, bagian atas menjadi dasar cake (upside down), taburi dengan gula halus dan siap disajikan hangat.

dsc_0119dsc_0129

Bubur SumSum

dsc_0203

Hujan hujan gini enak nya makan yang anget-anget. Misal, sore sore gini paling cocok setor #bubursumsum ke toko. Semoga bisa cukup menghangatkan dan untuk mengganjal perut. Oiya, resep nya ada di bawah ini. Siapa tau bisa menginspirasi dan bermanfaat πŸ™‚

dsc_0204
Bubur Sumsum Aroma Kayu Manis

Source : Diah Didi’s Kitchen
Recook : #ai_di

Bahan:

100 g tepung beras yang bagus
Β½ sdt garam
650 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun pandan, potong-potong

Saus:

200 g gula merah, sisir
200 ml air
3 cm kayu manis batangan,cuci bersih
1 lembar daun pandan, potong-potong
sedikit garam
Cara membuat:

– Campur tepung beras, dengan sebagian santan dan garam. Aduk rata.
– Masak sisa santan dan pandan hingga mendidih.
– Tuangkan larutan tepung beras, aduk hingga kental dan mendidih. Masak terus dan aduk terus agak lama biar dgn api kecil agar tidak bau tepung mentah. Angkat.
Saus: Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Masak terus dengan api kecil hingga kuah gula merah mengental dan kecoklatan. Angkat, saring.
Sajikan bubur dengan Sausnya.

dsc_0200

Selamat mencoba, teman teman πŸ™‚

#buburcandil #madeby #aidistyleshop #instafood #jajanpasarsurabaya #sbyfoodies #food52grams #foodphotography #traditionalsnack #indonesiancuisine #f52grams #doyancooking #doyanbaking #belajarmemasak #resepfavorit #hlfunbake #bakingbareng #nccsurabaya #yummyinmytummy #indonesiancuisine #kulinersurabaya #foodporn #onthetable #latepost

Onde Onde Ketawa (Onde – Onde Pecah)

16730158_585693171626364_4995723265391595590_n

Hari yang super sibuk sedari pagi, tetapi masih di sempatin untuk ngajarin seseorang buat bikin Onde – Onde Ketawa πŸ™‚ Kalau kalian nyebut nya ini Onde – Onde apa ? ^^

onde
.
.
Onde-onde Ketawa
Source : NCC
Rebaked : #ai_di

Bahan:

500 gr tepung terigu protein rendah (kunci biru)
1 sdt baking Powder Double Acting (BPDA)
150 gr gula pasir
50 gr margarine
1 sdt vanilli
4 butir telur (harus suhu ruang biar mau ketawa onde onde nya)

Bahan lain:

500 ml air (tadi AiDi tidak pakai air)
100 gr wijen putih
1 ltr minyak goreng

Cara Membuatnya:

– Campur tepung terigu dan BPDA, aduk rata. Sisihkan.
– Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut, masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok sampai mengembang.
– Matikan mikser.
– Tuang terigu kedalam adonan telur, aduk rata dan uleni perlahan sampai bisa dipulung.
– Bentuk bulat seperti bola ping-pong, celupkan kedalam air sebentar langsung gulingkan diatas wijen putih (di bagian ini AiDi tidak mencelulkan ke air, tapi langsung gulingkan di wijen. Tetap bisa lengket penuh wijen nya)
– Goreng dalam wajan dengan minyak banyak dan api sedang hingga mekar dan berwarna kuning kecoklatan.
– Angkat. Tiriskan. Dinginkan dan simpan dalam toples.

dsc_0318

dsc_0313

Mudah kan ? πŸ™‚

Silahkan di share, nggak papa πŸ™‚